Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

PIMPINAN

Ketua Program Studi         : Rizal Arisman, S.Pd., M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Saifullah, S.Pd., M.TESOL.
Ketua UPM                           : Asti Wahyuni B, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium        : Nur Melansari, S.S., M.Hum

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN STRATEGIS (VMTS)

Visi

Pada tahun 2035 menjadi Program studi yang unggul di kawasan timur Indonesia yang menghasilkan lulusan calon pendidikBahasa Inggris yang professional, mandiri, menguasai teknologi dan berjiwa wirausaha, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, berakhlak dan berbudaya dalam menjawab tantangan era globalisasi.

Misi

  1. Menjalankan seluruh proses akademik di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris secara efektif dan profesional.
  2. Menyiapkan lulusan calon tenaga pendidik Bahasa Inggris yang profesional, terampil, mandiri, berkepribadian dan berdaya saing.
  3. Mendorong terselenggaranya penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa yang berkualitas.
  4. Mendorong tenaga pendidik dan kependidikan untuk secara aktif meningkatkan kompetensinya melalui pendidikan, pelatihan, dan seminar, baik regional, nasional maupun international yang didukung dengan kompetensi teknologi informasi.
  5. Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang baik dan berkelanjutan demi tercapainya lulusan yang berkualitas, berakhlak dan berjiwa enterpreneur.
  6. Memberikan layanan pengembangan kompetensi bahasa Inggris kepada masyarakat melalui kerjasama dengan institusi Pemerintah dan Non Pemerintah.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi di atas, Program studi Pendidikan Matematika, melaksanakan 43 Program kerja dengan 184 Indikator Kinerja Utama/Tambahan sebagaimana yang termuat dalam dokumen Renstra FKIP 2021-2025, sebagai upaya mencapai 24 Sasaran Strategis dan 9 Tujuan Strategis Program Studi pendidikan Bahasa Inggris (Lihat dokumen Dokumen Renstra FKIP 2021-2025 (Dokumen Perubahan))

Dokumen VMTS Unidayan 2015
Dokumen VMTS FKIP 2021
Dokumen VMTS Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2021
Laporan Tingkat Pemahaman VMTS

KURIKULUM
Kurikulum 2016 (KKNI)
Dokumen kurikulum 2016, dikembangkan berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi  serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kulaifikasi Nasional Indonesia.
Dokumen Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Laporan Evaluasi Impelementasi Kurikulum 2016

Kurikulum 2021 (Terintegrasi dengan MBKM)
Dokumen kurikulum 2021, dikembangkan berdasarkan pada Permendikbudikti Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kulaifikasi Nasional Indonesia.
Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan 2021
Dokumen Kurikulum
Laporan Sosialisasi Kurikulum 2021
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
RPS setiap mata kuliah pada program studi pendidikan matematika dikembangkan oleh setiap dosen/kelompok dosen, dengan mengacu pada Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi 2020 (dapat dilihat dalam Aplikasi PPT 2020 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris)
Buka Aplikasi Program Pembelajaran Terpadu (PPT 2020)

RIP, RENSTRA, DAN RENOP
Dokumen Rencana Induk Pengembangan (RIP) Unidayan 2015-2035
Dokumen Renstra 2016-2020 (dan Dokumen Perubahan)
Laporan Capaian Renstra Pendidikan Bahasa Inggris 2016-2020
Dokumen Renstra 2021-2025 (dan Dokumen Perubahan)

DATA DAN LAPORAN SURVEY TINGKAT KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN (2019-2021)
Untuk mengetahui efektifitas implementasi program kerja sebagaimana yang tertuang dalam Dokumen Renstra FKIP 2016-2020, dilakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap implementasi 9 kriteria penyelenggraan program studi dan UPPS (Instrumen yang digunakan dapat dilihat disini)

Kriteria 1: VMTS
Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Kriteria 3: Mahasiswa
Kriteria 4: Sumber Daya Manusia
Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana dan Keuangan
Kriteria 6: Pendidikan
Kriteria 7: Penelitian
Kriteria 8: Pengabdian Kepada Masyarakat
Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma

HASIL ANALISIS SWOT

Kriteria 1: VMTS
Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Kriteria 3: Mahasiswa
Kriteria 4: Sumber Daya Manusia
Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana dan Keuangan
Kriteria 6: Pendidikan
Kriteria 7: Penelitian
Kriteria 8: Pengabdian Kepada Masyarakat
Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma