Program Studi Pendidikan Sejarah

PIMPINAN

Ketua Program Studi         : Haeruddin, S.Pd., M.A.
Sekretaris Program Studi : Munawir Mansyur, S.Pd., M.Pd.
Ketua UPM                           : Rustam Awat, S.S., M.Hum.
Kepala Laboratorium         : Amaluddin, S.Pd., M.Pd

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN STRATEGIS (VMTS)

Visi:
Pada tahun 2035 menjadi Program Studi yang unggul dan terdepan di Sulawesi di bidang Pendidikan Sejarah dan mampu menciptakan tenaga pendidik sejarahyang berkualitas, berakhlak, berbudaya, dan berjiwa wirausaha dengan tetap melestarikan nilai-nilai dan budaya kearifan lokal.

Misi

  1. Menyelenggarakan seluruh proses kegiatan akademik secara efektif dan profesional.
  2. Mendorong terselenggaranya penelitian dosen, penelitian dosen dan mahasiswa secara berkualitas sehingga menjadi sumber solusi permasalahan pendidikan dan permasalahan dalam pemeliharaan situs-situs sejarah.
  3. Mengembangkan kegiatan penyuluhan, workshop, dan sosialisasi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan guru Sejarah yang berkualitas, unggul, cerdas dan berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian, serta memiliki jiwa yang demokratis dan bertanggungjawab.
  5. Menghasilkan penelitianyang menggambarkan pemahaman terhadap dasar-dasar/prinsip-prinsip ilmiah sebagai landasan untuk memecahkan masalah di bidang Pendidikan Sejarah.
  6. Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi di atas, Program studi Pendidikan Sejarah, melaksanakan 43 Program kerja dengan 184 Indikator Kinerja Utama/Tambahan sebagaimana yang termuat dalam dokumen Renstra FKIP 2021-2025, sebagai upaya mencapai 24 Sasaran Strategis dan 9 Tujuan Strategis Program Studi pendidikan Sejarah (Lihat dokumen Dokumen Renstra FKIP 2021-2025 (Dokumen Perubahan))

Dokumen VMTS Unidayan 2015
Dokumen VMTS FKIP 2021
Dokumen VMTS Prodi Pendidikan Sejarah 2021
Laporan Tingkat Pemahaman VMTS

KURIKULUM
Kurikulum 2016 (KKNI)
Dokumen kurikulum 2016, dikembangkan berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi  serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kulaifikasi Nasional Indonesia.
Dokumen Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Sejarah
Laporan Evaluasi Impelementasi Kurikulum 2016

Kurikulum 2021 (Terintegrasi dengan MBKM)
Dokumen kurikulum 2021, dikembangkan berdasarkan pada Permendikbudikti Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kulaifikasi Nasional Indonesia.
Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan 2021
Dokumen Kurikulum
Laporan Sosialisasi Kurikulum 2021
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
RPS setiap mata kuliah pada program studi pendidikan sejarah dikembangkan oleh setiap dosen/kelompok dosen, dengan mengacu pada Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi 2020 (dapat dilihat dalam Aplikasi PPT 2020 Prodi Pendidikan Sejarah)
Buka Aplikasi Program Pembelajaran Terpadu (PPT 2020)

RIP, RENSTRA, DAN RENOP
Dokumen Rencana Induk Pengembangan (RIP) Unidayan 2015-2035
Dokumen Renstra 2016-2020 (dan Dokumen Perubahan)
Laporan Capaian Renstra Pendidikan Sejarah 2016-2020
Dokumen Renstra 2021-2025 (dan Dokumen Perubahan)

DATA DAN LAPORAN SURVEY TINGKAT KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN (2019-2021)
Untuk mengetahui efektifitas implementasi program kerja sebagaimana yang tertuang dalam Dokumen Renstra FKIP 2016-2020, dilakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap implementasi 9 kriteria penyelenggraan program studi dan UPPS (Instrumen yang digunakan dapat dilihat disini)

Kriteria 1: VMTS
Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Kriteria 3: Mahasiswa
Kriteria 4: Sumber Daya Manusia
Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana
Kriteria 6: Pendidikan
Kriteria 7: Penelitian
Kriteria 8: Pengabdian Kepada Masyarakat
Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma

HASIL ANALISIS SWOT

Kriteria 1: VMTS
Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Kriteria 3: Mahasiswa
Kriteria 4: Sumber Daya Manusia
Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana dan Keuangan
Kriteria 6: Pendidikan
Kriteria 7: Penelitian
Kriteria 8: Pengabdian Kepada Masyarakat
Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma